;

Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 27 Desember 2011

Cara kerja teknologi Face Recognition (Teknologi Pengenal Wajah)

    Anda para penyuka film aksi yang berisi kisah mata-mata? Pasti anda pernah melihat macam film seperti Spy Kid, Mission Imposibble, Johnny English dan berbagai film lainnya. Disana kita pasti bisa melihat teknologi-teknologi mutakhir seperti Face Recognition (Pengenal Wajah), Retina Scan (Pemeriksa Retina), Fingerprint, atau Voice Recognition (Pengenal Suara).
    Anda mungkin perlu membaca sedikit postingan ini, semoga bermanfaat!
    Ungkapan tak kenal maka tak sayang ga berarti hanya untuk manusia saja, teknologi pun harus kita kenal dengan baik, karena kita pasti akan menggunakan nya kelak nanti. Kali ini yang dibahas adalah Cara kerja teknologi Face Recognition (Teknologi Pengenal Wajah).
Face Recognition masuk ke dalam jenis teknologi Biometric (Biologi). Biometric itu dibagi menjadi dua tipe yaitu:
   1. Psychological yaitu dilakukan dengan cara melakukan pengenalan/analisa terhadap fisik dari manusia. seperti mata, wajah, sidik jari. dll
   2. Behavior yaitu dilakukan dengan cara analisa atau pengenalan lewat tingkah laku atau sifat seorang. seperti gaya bicara, gerak jalan, dll.


Lalu apa Face Recognition?
Face Recognition sesuai dari terjemahan indonesia saja kita mengenal face berarti "wajah". Maka ini merupakan teknologi biometric yang melakukan analisa melalui kontur wajah. Untuk media penganalisaannya digunakan sistem frame video atau webcam. Prosesnya adalah sistem akan melakukan pemindaian dan membedakan kontur wajah yang satu dengan yang lain yang ada dalam database.
Yang menjadi aspek pemindaian dalam Face Recognition adalah:
1. Jarak antara mata
2. Lebar Hidung
3. Kedalaman kelopak mata
4. Bentuk tulang pipi
5. Panjang garis rahang
6. Bentuk cekungan pada dagu


Secara umum sistem Face Recognition mempunyai beberapa urutan dalam prosesnya. Yaitu:
1. Deteksi
2. Penjajaran
3. Pengukuran
4. Representasi
5. Pencocokan
6. Verifikasi atau Identifikasi
7. Analisis tektur wajah


Nah, dari beberapa sumber disebutkan seperti itu. Semoga bertambah pengetahuan kita dibidang teknologi, semoga bermanfaat.
Selanjutnya baca juga Login Windows dengan Face Recognition (Banana Screen)


Leave your comment! :)

Related Posts