;

Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 25 Desember 2011

Windows 8, apa specialnya?

Logo Windows 8
   Teknologi memang tidak pernah ada matinya. Bagi para penggemar teknologi pastinya sudah tidak asing dengan rumor yang beredar tentang akan hadirnya sistem operasi baru dari perusahaan sistem operasi yang terkenal Microsft Corp. Namun belum jelas kapan sistem operasi ini akan dirilis. Nah sebelum dirilis, kita intip dulu sedikit apa specialnya sistem operasi ini.


  Windows 8, atau dikenal dengan nama MIDORI ini dijadwalkan akan rilis pada tahun 2012 nanti. Sistem operasi baru ini adalah lanjutan dari windows versi sebelumnya windows 7. Seperti yang kita tahu pendahulunya, Win. 7 atau dikenal dengan nama asli Blackcomb atau Vienna masih diagungi dan digemari dengan beberapa fitur-fitur yang ada. Dari segi tampilan saja kita bisa liat aero yang sangat tipis pada Win. 7. Lalu gimana dengan masa depannya? inilah beberapa keunggulan Windows 8:

  •   Interfaces "metro"
          Windows 8 memiliki tampilan interface yang dinamakan dengan "metro", dimana windows 8 memang dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh. Windows 7 memang sudah support dengan layar sentuh. Namun tidak seoptimal dengan di windows 8. Jika anda familiar dengan Windows Phone, maka anda tidak akan asing dengan "metro". "metro" menawarkan tampilan yang warna warni. Meski dioptimalkan untuk layar sentuh, namun Windows 8 tetap bisa digunakan menggunakan keyboard dan mouse.  
  •   Siap di-tablet-kan
          Windows 8 ditargetkan untuk memnuhi pasar tablet yang makin marak. Hal ini ditandai dengan penggunaan teknologi chip ARM yang dipakai oleh Windows 8 dan banyak dipakai di teknologi tablet.
  •   Layaknya iOS, BlackBerry dan Android, Windows 8 punya market tersendiri
          Kita pasti mengenal iPhone, Android ataupun BlackBerry yang punya tempat sendiri untuk penjualan aplikasi-aplikasi nya. Seperti Android Market, atau BlackBerry App World. Nah Windows 8 juga memilikinya, yaitu Windows Store.
  •   Fast Booting
          Mungkin ini yang cukup mencolok juga, jika kita biasa menggunakan Windows versi sebelumnya, kita akan merasakan lamanya booting saat awal komputer dinyalakan. Namun di Windows 8 kita tidak perlu menunggu lama, karena kabarnya hanya 8 detik. WOW!
  •   IE 10
          Selain sistem operasinya yang baru, aplikasi bawaannya pun di upgrade menjadi lebih baru. Terlihat dari aplikasi browser bawaan Windows yaitu Internet Explorer. Windows 8 menggunakan IE versi 10 yang lebih ramah.
  •   No Need Upgrade PC
          Bagi anda yang komputernya telah menggunakan Windows 7 dan akan beralih ke Windows 8, anda tidak perlu repot-repot meng-upgrade keseluruhan hardwarenya. Kita hanya perlu meng-upgrade sistem operasinya. Hal ini dikarenakan bahwa Windows 8 dapat berjalan walau hanya bermodalkan komputer berprossesor intel atom dan memory RAM 1GB.
  •   Ga makan banyak memory
          Ini mungkin yang paling kelihatan lebih maju dari Windows 7 dan versi lain-lain. Kalo anda jeli atau teliti, anda akan tahu bahwa Windows 7 memakan banyak memory kita. Inilah mengapa saat menjalankan banyak aplikasi Windows 7 akan terasa lambat. Jelas sekali karena Windows 7 memakan memory sebesar 404 MB sedangkan Windows 8 hanya 281 MB.

  Nah, itulah beberapa specialnya Windows 8 yang ada diberbagai sumber. Namun itu masih bocorannya, kita tunggu saja rilis dan review resmi dari Microsoft mendatang.
Untuk lebih membuat kagum, berikut ini adalah screenshot untuk Windows 8:
     Tampilan Start Screen :

    Tampilan Lock Screen:
    Tampilan Superbar :










    Sumber: berbagai sumber

    Related Posts